Friday 26 July 2019

MENYONSONG DESA MANDIRI

DESA MEKAR JAYA KIKIM BARAT KAB. LAHAT
SIAP MENYONSONG DESA MANDIRI

MIRP, Lahat
Desa Mekar Jaya Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, dulunya adalah wilayah Unit Penempatan
Transmigrasi (UPT) IV di Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Dan seiring dengan perkembangan zaman, UPT IV tersebut telah menjadi Desa Otonom dengan nama desa Mekar Jaya yang berbatasan :

  •         Sebelah Timur dengan Desa Tanjung Kupang Baru Kec. Tebing Tinggi Kab. Empat Lawang
  •       Sebelah Barat dengan Desa SP V Kec. BTS Ulu Kab. Musi Rawas 

  •   Sebelah Selatan dengan Desa Wanaraya Kec. Kikim Barat Kab.  Lahat dan,
  •   Sebelah  Utara dengan Desa Sugiwaras  Kec. Tebing Tinggi Kab. Empat Lawang
Dengan posisi geografis yang strategis ini Desa Mekar Jaya mempunyai potensi yang bagus untuk menjadi desa Mandiri karena desa ini berbatasan langsung dengan 2 kabupaten dalam Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu perekonomian masyarakat yang rata-rata berkebun sawit dan karet  serta  palawija ini merupakan sumber pendapatan warga yang sangat potensial bila dikelolah dengan baik.  Menyadari posisi yang strategis dan potensi ekonomi ini, Kepala Desa Mekar Jaya Bapak Bambang Susanto  ketika ditemui awak media dikediamannya pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2019 sekitar pukul 11.00 wib, sangat berantusias untuk membangun desa yang sangat dicintainya ini. Betapa tidak untuk tahun 2019 ini saja, alokasi dana desa dimanfaatkan untuk membangun infra sutruktur yang sangan vital dan dibutuhkan oleh masyarakatnya. “saat ini desa kami tidak lagi gelap gulita pada malam hari karena sudah dipasang 15 titik Lampu Jalan dengan menggunakan tenaga surya. Dan untuk jaringan listrik dari PLN Insya Allah tahun ini akan masuk ke desa kita, dan lebih dari 70 rumah warga sudah siap untuk memasang Amper listrik PLN. “ Ujar Bambang Susanto  Kepala Desa Mekar Jaya. Selain Listrik sebagai penerangan, kebutuhan vital yang lain berupa air bersih saat ini sedang di bangun 5 titik sumur bor. “ Untuk sarana pembuangan air limbah, tahun ini kami tambah SPAL sepanjang 202 meter  demikian juga dengan Jalan setapak sepanjang 320 meter  yang semuanya dibangun dengan menggunakan Alokasi Dana Desa tahun anggaran 2019 ini“ ujar kepala Desa menambahkan.
       Kedapan Bapak Bambang Susanto  mengharapkan dari Pihak Bupati Lahat dan PU kabupaten Lahat agar kiranya dapat meningkatkan jalan poros desa sepanjang 3 KM dari jalan berbatu menjadi jalan yang berhotmix, sebab untuk meningkatkan jalan tersebut ADD Desa mekar jaya tidak mampu untuk membiayainya. “ Kami sangat mengharapkan Pihak Bupati Lahat dan Dinas PU Kab. Lahat kiranya dapat meningkatkan jalan poros desa kami yang saat ini masih berbatuan sepanjang 3 KM dari Desa kami sampai ke Perbatasan desa Tanjung Kupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.  Dan saat ini Pemkab Empat Lawang telah membangun jalan hotmix sampai pada perbatasan jalan poros desa kami. Jadi sangat disayangkan bila tahun depan jalan desa kami masih berbatuan sementara tepat diperbatasannya jalanya sudah hotmix”  harap Kades Bambang Susanto mengakhiri.

No comments:

Post a Comment